Friday, February 15, 2013

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools


Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools-Selamat Malam sobat,maaf saya telat membuat postingan karena Kegiatan Saya semakin padat (sok sibuk). hehehe.. :D ,tapi ga apa lah yang penting tetap semangat ngeblog.malam ini saya akan berbagi tips Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools.Tapi,sitemap yang saya maksud bukanlah sitemap yang berada di web/blog yang memuat daftar isi blog,melainkan sitemap yang akan membantu blog dan postingan-postinganya agar lebih mudah terindex oleh google.Sebenarnya masih banyak sekali pengertian-pengerian tentang sitemap tapi intinya sama dan saya telah mengambil pengertian sitemap dari wikipedia seperti berikut.
Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya.[1]. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah(Wikipedia)
Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools sangatlah mudah.Sobat hanya perlu membuat url sitemap karena untuk blogspot harus menggunakan url khusus,berbeda dengan wordpress yang bisa langsung mengsubmit url feed tanpa harus melakukan perubahan.Mari kita langsung saja ketahap awal.
  1. Login Ke Google Webmaster Tools
  2. Pilh>>Kelola situs>>Tambahkan atau hapus pengguna,pada bagian sidebar left pilih>>Pengoptimalan>>Peta situs,kemudian pada bagian kanan agak keatas,klik>>TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS.
  3. Untuk membuat sitemapnya anda Bisa buat disini /anda Bisa masukkan Alamt URL ini:
  • http://yangwedinar.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • http://yangwedinar.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
            url yang saya beri tanda warna merah itulah yang akan sobat tambahkan  pada langkah kedua tadi.Tambahkan kedua sitemap itu agar blog cepat terindex oleh google.Namun,jika sobat ingin menambahkan sitemap pada bing WMT,maka url blog juga harus ditambahkan(pembahasanya pada postingan berikutnya).Sampe disini artikel Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools,semoga dapat membantu blog sobat agar cepat terindex oleh google :).Semangat blogging :)

BAGUS.CO